Pengaruh Layanan Perbankan Digital Terhadap Minat Generasi Z Pada Perbankan Syariah (Studi Kasus Remaja Di Tanjung Kemala)

Authors

  • Rofiqoh Rofiqoh Prodi Ekonomi Syariah, Sekolah Tinggi Agama Islam Baturaja, Sumatera Selatan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.1234/kafalah.v2i2.67

Keywords:

Layanan Perbankan Digital, Generasi Z, Minat Generasi Z, Perbankan Syariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji asumsi mengenai apakah layanan perbankan digital (X) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ketertarikan generasi Z (Y). Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Data utama dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner tertutup kepada 92 remaja di Tanjung Kemala yang mewakili generasi Z, selanjutnya dianalisis menggunakan regresi berganda yang dibantu oleh SPSS versi 21. Temuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Semua item pernyataan yang diajukan menunjukkan validitas dan reliabilitas yang baik, karena nilai r yang dihitung lebih besar dari r tabel; (2) Variabel bebas menjelaskan variasi pada variabel terikat sebesar 65,10%, sementara 34,90% sisanya disebabkan oleh faktor lain; (3) Model regresi menunjukkan bahwa variabel bebas secara simultan memengaruhi variabel terikat, sehingga model regresi ini dapat digunakan untuk memprediksi variabel terikat; (4) Layanan perbankan digital (X1) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap ketertarikan generasi Z (Y). Temuan ini mendukung hipotesis yang menerima Ha

Downloads

Published

2025-08-07

How to Cite

Rofiqoh, R. (2025). Pengaruh Layanan Perbankan Digital Terhadap Minat Generasi Z Pada Perbankan Syariah (Studi Kasus Remaja Di Tanjung Kemala). Kafalah: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Keuangan Syariah, 2(2), 117–122. https://doi.org/10.1234/kafalah.v2i2.67