Gamifikasi dalam Pembelajaran Ekonomi Syariah: Inovasi Metode Pendidikan Ilmu Sosial di Era Industri 4.0
DOI:
https://doi.org/10.1234/kafalah.v2i2.70
Keywords:
Gamifikasi, Ekonomi Syariah, Pembelajaran Ilmu Sosial, Pendidikan Islam, Inovasi DigitalAbstract
Transformasi pendidikan di era Industri 4.0 menuntut penerapan metode pembelajaran yang inovatif dan adaptif terhadap perkembangan teknologi digital serta karakteristik peserta didik generasi digital-native. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan gamifikasi dalam pembelajaran Ekonomi Syariah sebagai bagian dari penguatan pedagogi Ilmu Sosial berbasis nilai. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian dilakukan di salah satu Madrasah Aliyah Negeri di Provinsi Lampung, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gamifikasi mampu meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif, memperdalam pemahaman terhadap konsep-konsep ekonomi Islam, dan membangun suasana belajar yang kolaboratif serta bermakna. Gamifikasi tidak hanya berfungsi sebagai sarana hiburan edukatif, melainkan juga sebagai media internalisasi nilai-nilai syariah, seperti keadilan, keberkahan, dan tanggung jawab sosial. Guru dituntut untuk bertransformasi menjadi fasilitator yang kreatif dan reflektif dalam merancang pengalaman belajar digital berbasis nilai. Penelitian ini merekomendasikan integrasi sistematis pendekatan gamifikasi dalam pembelajaran IPS berbasis Islam sebagai strategi untuk memperkuat pemahaman konseptual dan pembentukan karakter siswa secara utuh
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Royan Rosyadi, Rachmat Panca Putera

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







