Penerapan Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kemampuan Santri Membaca Al-Qur’an di MTS Al-Fakhriyah Baturaja

Authors

  • Azwar Aripin Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Baturaja, Sumatera Selatan, Indonesia

Keywords:

Membaca Al-Qur’an, Pembelajaran Metode Tilawati

Abstract

Al-Qur’an adalah kitab suci yang kekal abadi dan terpelihara, serta dijaga kemurniannya oleh Allah SWT sampai akhir zaman. Membaca al-Qur’an termasuk ibadah yang paling utama, yang dijadikan sebagai upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah. Orang yang membaca al-Qur’an diberi pahala atas bacaannya, baik ia mengamalkannya ataupun tidak. Berbicara mengenai al- Qur’an realita sekarang ini masih banyak di temukan masyarakat yang belum bisa membaca kitab suci al-Qur’an bahkan sama sekali belum pernah mempelajarinya. Hal ini karena keterbatasan ilmu yang mereka miliki dan keterbatasan waktu untuk mempelajarinya. Di sisi lain fenomena di lingkungan pondok pesantren masih banyak ditemukan santri yang belum lancar dalam membaca kitab suci al- Qur’an, dikarenakan mereka belum menemukan metode atau cara belajar yang menurut mereka menyenangkan agar mereka tertarik untuk belajar mendalami kitab suci al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan pembelajaran metode Tilawati di Pondok Pesantren Al-Fakhriyah Baturaja. (2) Dampak pembelajaran Metode Tilawati dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Al-Fakhriyah Baturaja. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sedangkan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui proses reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi

Downloads

Published

2024-03-23