Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Bagi Siswa Di Sekolah

Authors

  • Heri Sepriyadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Baturaja, Sumatera Selatan, Indonesia

Keywords:

Upaya Guru, Kemampuan Berbahasa, Bahasa Inggris

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris bagi siswa di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah – langkah dalam menganalisis data adalah menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rendahnya kemampuan siswa dalam belajar bahasa inggris dikarenakan adanya beberapa faktor penghambat seperti kurangnya rasa percaya diri, keterbatasan waktu untuk belajar, minimnya kosa kata (Vocabulary), sulitnya dalam melafalkan, takut belajar grammar, dan sulit menerjemahkan. Selain itu beberapa faktor pendukung serta solusi dalam mengatasi hal tersebut antara lain yaitu dengan cara guru menggunakan berbagai pendekatan, strategi, metode, ataupun model pembelajaran yang menarik serta guru harus mampu menguasai kondisi kelas dan mampu mengajarkan bahasa inggris sesuai dengan style serta kebutuhan siswanya.

Downloads

Published

2024-02-05