Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Pada Madrasah Tsanawiyah (MTS) Di Kecamatan Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Authors

  • Rofiqoh Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Baturaja, Sumatera Selatan, Indonesia

Keywords:

Kompetensi Guru, Strategi Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi guru terhadap strategi pembelajaran, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kecamatan Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu. Dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data skunder, data primer diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 102 orang siswa sebagai responden yang menjadi sampel. Teknik analisa data yang digunakan yaitu Structural Equation Modeling (SEM) dari paket software statistic AMOS digunakan dalam pengembangan model dan pengujian hipotesis. Dari hasil analisa data terhadap variabel yang diteliti yaitu variabel kompetensi guru dan variabel strategi pembelajaran menunjukkan adanya hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Peningkatan kompetensi guru akan menjadikan penerapan strategi pembelajaran dan pencapaian hasil belajar siswa yang optimal.

Downloads

Published

2024-04-01