Pengaruh Peranan Strategi Guru Terhadap Kebiasaan Ibadah siswa di MTs Muhammadiyah Tubohan OKU

Authors

  • Reza Fahlepi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Baturaja, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Iriyansyah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Baturaja, Sumatera Selatan, Indonesia

Keywords:

Pengaruh, Peranan, Strategi Guru, Kebiasaan Ibadah

Abstract

Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kuantitatif dengan sampel berupa seluruh populasi atau penelitian populasi, dan metode pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana Peranan strategi guru mata pelajaran Fiqih di MTs Muhammadiyah Tubohan OKU. Bagaimana kebiasaan ibadah shalat siswa di MTs Muhammadiyah Tubohan OKU. Adakah pengaruh peranan strategi guru mata pelajaran Fiqih terhadap kebiasaan beribadah kepada siswa di MTs Muhammadiyah Tubohan OKU. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa Pengaruh Peranan strategi guru mata Fiqih di MTs Muhammaiyah Tubohan OKU melalui hasil analisis TSR bahwa distribusi persentase yang didapatkan berada pada kategri sedang, yang artinya cukup berperan, dari jumlah sampel yang terdiri dari 110 responden, yang mendapat kisaran nilai sedang atau diantara 59 keatas sampai dengan 71 ke bawah adalah 71 responden (64,55%), yang mendapat kisaran nilai tinggi atau 72 keatas hanya 21 responden atau 19,09% dan yang mendapat kisaran nilai rendah atau 58 kebawah adalah 18 responden (16,36%). Tingkat Kebiasaan Ibadah siswa di MTs Muhammaiyah Tubohan OKU berdasarkan hasil analisis TSR tergolong sedang, yang artinya Tingakat Ibadah siswa telah berkualitas. Dengan kata lain, dari jumlah sampel yang terdiri dari 110 responden, yang mendapat kisaran nilai sedang sebanyak 64,55%, yang menyatakan Tinggi sebanyak 19,09% dan yang menyatakan Rendah sebanyak 16,36%. Pengaruh Peranan strategi guru mata pelajaran Fiqih terhadap kebiasaan beribadah siswa di MTs Muhammadiyah OKU dapat diketahuni melalui Dari perhitungan kai kudrat tersebut diatas, diperoleh hasil X² sebesar 30,30 kemudian dikonsultasikan dengan degree of freedom (df) atau derajat bebas sebagai berikut: Pada df 4 taraf signifikansi 1% adalah 13,227 dan pada taraf signifikansi 5% adalah 9,488. Maka dengan demikian dari data perhitungan kai kuadrat (X²) 13,227 (1%) >30,30> 9,488%(5%) (signifikan). Dari perhitungan kai kuadrat di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan Pengaruh Peranan Strategi Guru Terhadap Kebiasaan Beribadah Siswa di MTs Muhammadiyah Tubohan OKU

Downloads

Published

2024-09-14