Prilaku Konsumtif Masyarakat Desa Batumarta I Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu Ditinjau Secara Ekonomi Mikro Islam
DOI:
https://doi.org/10.1234/kafalah.v1i2.29
Kata Kunci:
Prilaku Konsumtif, Masyarakat, Ekonomi Makro IslamAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumtif masyarakat Desa Batumarta I Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu berprilaku konsumtif dalam kehidupannya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perilaku konsumtif masyarakat Desa Batumarta I Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu berprilaku konsumtif dalam kehidupannya, bagaimana tinjauan ekonomi mikro Islam terhadap prilaku konsumtif pada masyarakat Desa Batumarta I Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk menganalisa perilaku konsumtif masyarakat Desa Batumarta I Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu berprilaku konsumtif dalam kehidupannya, dengan responden sebanyak 15 orang warga, data penelitian diperoleh melalui wawancara langsung dengan masyarakat Desa Batumarta I. hasil penelitian ini menunjukan bahwa prilaku konsumtif masyarakat Desa Batumarta I muncul karena pembeli ingin memiliki barang yang tidak dipunyai orang lain. Selain itu, prilaku konsumtif masyarakat Desa Batumarta I muncul karena faktor kebudayaan yang dilatarbelakangi oleh kelas sosial, membeli produk karena iming-iming hadiah, hanya untuk menjaga penampilan dan gengsi, dan pembelian suatu barang yang tidak didasarkan pada kebutuhan yang sebenarnya dikarenakan perilaku yan dilakukan semata-mata demi kesenangan.Unduhan
Diterbitkan
2024-09-14
Cara Mengutip
Dedi Siswanto. (2024). Prilaku Konsumtif Masyarakat Desa Batumarta I Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu Ditinjau Secara Ekonomi Mikro Islam. Kafalah: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Keuangan Syariah, 1(2), 115–122. https://doi.org/10.1234/kafalah.v1i2.29
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dedi Siswanto

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.