Upaya Guru Fiqih dalam Mempersiapkan Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas IX MTs Tholabuddin Warungasem Batang

Penulis

  • Susi Sulistyoningsih UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Itsna Azkya Iktafana UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Siti Nur Hidayah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Widodo Hami UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Kata Kunci:

Upaya Guru Fiqih, Kurikulum Merdeka, Hambatan

Abstrak

Usaha guru adalah usaha pendidik untuk mencapai tujuan pendidikan bagi peserta didiknya. Penelitian difokuskan pada upaya yang dikakukan oleh guru fiqih untuk mempersiapkan pembelajaran dengan menggunakan kurikulum merdeka belajar.  Dalam membuat artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui berbagai upaya yang dilakukan oleh guru fiqih dalam mempersiapkan kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran fiqih kelas IX di MTs Tholabuddin, Warungasem Batang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru dalam mempersiapkan Kurikulum Merdeka Belajar untuk mata pelajaran Fiqh yaitu melakukan kerja sama antara guru, sekolah, dan pihak terkait lainnya untuk menciptakan kurikulum yang efektif dan relevan dengan kebutuhan speserta didik kelas 9 di MTS Tholabuddin serta terdapat hambatan yang dihadapi oleh guru dalam penerapannya yaitu kurangnya pemahaman tentang kurikulum merdeka belajar.

Diterbitkan

2024-08-14