Metode Pembelajaran pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits di Tingkat Madrasah Tsanawiyah

Penulis

  • Jajang Rustandi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Baturaja, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Iriansyah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Baturaja, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Mahfudz Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Baturaja, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Mirta Anthoni Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Baturaja, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Marliat Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Baturaja, Sumatera Selatan, Indonesia

Kata Kunci:

Metode, Pembelajaran, Mata Pelajaran, Al-Qur'an dan Hadits

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits di Tingkat Madrasah Tsanawiyah. Proses pembelajaran merupakan aktifitas mentransformasikan pengetahuan, sikap, dan ketrampilan. Guru diharapkan dapat mengembangkan kapasitas belajar, kompetensi dasar, dan potensi yang dimiliki oleh peserta didik secara penuh. Pembelajaran yang dilakukan harus lebih berpusat pada peserta didik, sehingga peserta didik ikut berpartisipasi dalam proses pembelajaran, dapat mengembangkan cara- cara belajar mandiri, berperan dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian proses pembelajaran itu sendiri. Maka disini pengalaman peserta didik lebih diutamakan dalam memutuskan titik tolak kegiatan.

Diterbitkan

2024-09-16